Cari Blog Ini

Sabtu, 02 Juli 2011

Rangkaian Power Amplifier 60 Watt

Mungkin anda sering mendengar ataupun melihat secara langsung maupun tidak langsung Rangkaian Power Amplifier. Pada dasarnya rangkaian ini sering kita temui, didalam Speaker Aktif yang ada dirumah kita. Namun kita tidak menyadari hal itu.

Baiklah, kali ini saya akan mengulas sedikit, tentang bagaimana cara pembuatan Rangkain Power Amplifier 60 Watt yang menggunakan Transistor sebagai penguatnya. Dibawah ini adalah Skema Rangkaian Power Amplifier 60 Watt yang menurut saya paling mudah dalam pembuatannya dan paling ekonomis dalam perakitannya, yang mungkin sangat tepat bagi seorang pemula yang ingin belajar elektronika lebih dalam.



Skema Rangkaian Power Amplifier 60 Watt


Perlu diketahui Follower, untuk rangkaian semacam ini lebih baik anda menggunakan Trafo 3 - 5 Ampere. Dan dalam pembuatan regulator-pun anda harus perhatikan kekuatan maksimum transistor penguat yang akan dipergunakan. 

Apabila Transistor Penguat yang anda gunakan adalah TIP 31/32, TIP 41/42, atau D.313/B507 maka regulator yang anda buat seharusnya tidak lebih dari 15 Volt. Sedangkan, jika anda menggunakan 2955/3055 (baik jengkolan toshiba/malaysia atau Mospec) lebih baik anda menggunakan 18 Volt s/d 20 Volt dalam pembuatan regulatornya. Kecuali anda menggunakan Transistor Jengkolan yang bagus, Mexico (..003/..004) atau Transistor Sanken misalnya. Input Regulator memang memerlukan tegangan yang cukup besar antara 25 Volt - 42 Volt. Itupun perlu diimbangi dengan pergantian Transistor BD 139 / Bd 140 sebagai drivernya, dengan Transistor D.313 (pengganti BD139) B.507 (pengganti BD140) kalau memang anda akan menggunakan Transistor berkekuatan besar (mexico/sanken) sebagai penguatnya.

Saya jamin bila anda menuruti saran saya, power amplifier yang anda rakit kemungkinan akan mengeluarkan output yang maksimal baik bass maupun treblenya. Dan Transistor Penguatnya akan lebih tahan lama, sebab pemberian Voltasenya (B+) sesuai standar ketentuan (tidak ambang maksimal).

Saya kira cukup ulasan saya, Selamat Mencoba 'n Good Luck....

17 komentar:

Satria Baju Hitam mengatakan...

dayanya 60 watt impedansi speaker 8 ohm, tegangan masuk 15 v. kalau dihitung dengan hukum ohm P=VpangkatduaperR
ngitungnya gimana mas, saya belum paham. mohon pencerahannya.

Anonim mengatakan...

kalo dihitung memang bikin bingung mas, tapi setelah saya coba dan saya praktekkan .. hasilnya memuaskan

thankz mas

febrikampret mengatakan...

tanya pak....
diskema diatas ada vr yg berhubungan dengan tr... itu fungsinya untuk apa ya....?

Unknown mengatakan...

saya tertarik dgn rangkaian ini gan, untuk keterangan komponenya bisa diperjelas gak gan, resistor dan kapasitornya yang berapa volt ?

Anonim mengatakan...

apa yang menyebabkan tr D313 panas pada rangkaian amplifier 60 watt.? saya Tanya mas...ttlong di jwab.

madunelektro.com mengatakan...

wah bagus mas,,jangan lupa mampir disini ya....
http://madunelektro.blogspot.co.id/2015/09/cara-membuat-setrum-ikan-tanpa-platina.html

Saichul mengatakan...

Drifer 150 pakai tr 3055 set kalau di hidupkan power tr ko lansung panas apa penyebabnya mas

Evan putra mengatakan...

Gan saya mau tanya aktif sanya 80 wat itu angus melulu R 0.5 2wat nya cara memperbaiki nya harus bagaimana dan apa aja yg harus d ganti nya...dan sebenernya saya mau d ganti tr tip31/32 dengan tr jengkol...type berapa tr jengkol nya...mohon info nya

Evan putra mengatakan...

Gan saya mau tanya aktif sanya 80 wat itu angus melulu R 0.5 2wat nya cara memperbaiki nya harus bagaimana dan apa aja yg harus d ganti nya...dan sebenernya saya mau d ganti tr tip31/32 dengan tr jengkol...type berapa tr jengkol nya...mohon info nya

Rio abraham mengatakan...

2n3055 dan pasangannya

Unknown mengatakan...

bang,kalau input (-) itu harus pakai power supply yang dual kah

Unknown mengatakan...

bang,kalau input(-) itu harus pakai power supply dual kah?

Unknown mengatakan...

Bisa gk gan klu pke tip 31c tapi pke trafo bekas spiker aktif ct 19v?mhon pencerahan

Unknown mengatakan...

Bisa gk gan klu pke tip 31c tapi pke trafo bekas spiker aktif ct 19v?mhon pencerahan

Unknown mengatakan...

Kl tip 42c bisa diganti dengan transistor yg apa ya mas

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

oke min, makasih banyak sudah share
solder uap tangan

Unknown mengatakan...

assalamualaikum... mas saya mencoba membuat led mengikuti irama music menggunakan tip31 dan berhasil.. yang saya tanyakan apa kuat transistor tip31 jika led nya di ganti lampu 5 watt atau lebih